telaga dieng

Siapa sangka di puncak Gunung terdapat sebuah telaga. Dieng simpan 6 telaga cantik sebagai tempat kunjungan wisata Dieng. Telaga-telaga Dieng sangatlah menarik untuk dikunjungi. Dieng merupakan gunung api tua selalu hadir dengan kejutan-kejutan alamnya. Telaga-telaga di Dieng Plateau terbentuk dari bekas letusan kawah Dieng vulkanik yang terjadi ribuan tahun silam. Berbagai tipe Telaga Dieng dapat wisatawan kunjungi. Telaga-telaga cantik di Dieng sebagai obyek wisata alam menarik diantaranya Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Merdada dan Telaga Menjer.


Daftar 6 telaga cantik di Dieng Plateau

  • Telaga Warna
  • Telaga Pengilon
  • Telaga Merdada
  • Telaga Cebong
  • Telaga Dringo
  • Telaga Menjer
  • Telaga Warna

    telaga warna dieng
    Telaga Warna Dieng dengan maskot ranting pohon melandai di tepian Danau di area BKSDA Dieng

    Telaga Warna merupakan salah satu telaga cantik dan menarik yang dapat di kunjungi ketika Anda traveling ke Dieng. Telaga Warna terbentuk akibat aktivitas vulkanik Dieng. Telaga Warna memang sangatlah unik karena struktur permukaan airnya memiliki aneka gradasi warna. Warna-warna yang muncul dari permukaan diantaranya perpaduan dari warna hijau, warna biru, kuning, silver dan ungu. Warna-warna air telaga tersebut terjadi efek pantulan sinar matahari ke atas permukaan air telaga yang mengandung sulfur atau belerang.

    Cara asyik menikmati panorama Telaga Warna Dieng ialah dari perbukitan sekitar yakni dari Bukit Sidengkeng atau Batu Pandang/Ratapan Angin Dieng. Dari kedua tempat ini Anda dapat menyaksikan keindahan dua telaga terpadu menjadi satu layaknya permata. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Telaga Warna ialah pada saat siang hari ketika terik tiba.

    Telaga Pengilon

    telaga pengilon dieng
    Telaga Pengilon, konon telaga ini jernih seperti cermin. Telaga Pengilon terletak bersebelahan dengan Telaga Warna

    Telaga Pengilon disebut-sebut sebagai telaga pendamping Telaga Warna. Telaga Pengilon terletak bersebelahan dengan Telaga Warna hanya saja telaga ini memiliki air yang lebih jernih dan tidak mengandung belerang ataupun berwarna. Konon telaga ini memiliki air mengkilap seperti cermin, katanya banyak orang-orang berbondong-bondong untuk bercermin untuk melihat behaviour seseorang. Cara asyik menyaksikan Telaga Pengilon selain menyisiri langsung dari tepian Telaga dan melihat panorama Telaga Pengilon terbaik ialah dari Batu Pandang yakni sebuah tempat dilereng Gunung Kendil.

    Telaga Merdada

    telaga merdada
    Telaga Merdada (lebar) adalah telaga terluas di Dieng Plateau yang terletak di Desa Karangtengah Batur Banjarnegara

    Telaga Medada ialah Telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini terletak di Desa Karang Tengah, Batur, Banjarnegara. Telaga Merdada temasuk kedalam obyek wisata Dieng zona 2 karena letaknya agak jauh dari obyek wisata utama seperti Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Telaga Merdada berbentuk seperti mangkuk yang teramat luas dikelilingi oleh perbukitan. Perbukitan sekitar dimanfaatkan sebagai area pertanian kentang hingga menjulur hingga ke tepian telaga.

    Anda dapat menyaksikan keindahan Telaga Merdada dari punggung bukit pangonan ataupun dari ladang-ladang pertanian kentang. Telaga ini jarang dikunjungi wisatawan jadi sangat cocok untuk sekedar bersantai-santai di alam bebas menghirup udara segar pegunungan apalagi untuk Anda yang memiliki hoby Photography khususnya photography landscape.

    Telaga Cebong

    telaga cebong Dieng
    Telaga Cebong terletak di kaki bukit sikunir. Danau ini konon banyak berudunya jadi dinamakan sebagai Telaga Cebong

    Telaga Cebong ialah telaga cantik di Dieng Plateau yang terletak di Desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Telaga Cebong berada pada ketinggian 2.145 meter diatas permukaan laut. Telaga Cebong menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang sedang berlibur ke Dieng dan hampir setiap hari ramai dikunjungi karena telaga ini tepat berada di kaki Bukit SIkunir yakni bukit fenomenal di Dieng sebagai tempat untuk menyaksikan Golden Sunrise. Dikatakan Telaga Cebong karena bentuk telaganya seperti cebong atau berudu dan ditelaga ini memang banyak terdapat anakan katak, kecebong. Hal menarik yang dapat dilakukan ditelaga Cebong ialah dengan cara menyewa perahu motor. Perahu ini tidak tersedia setiap hari hanya pada saat-saat tertentu saja. Tempat terbaik untuk menyaksikan panorama alam Telaga Cebong ialah dari puncak Bukit Sikunir Dieng.

    Telaga dringo

    telaga cebong Dieng
    Telaga Dringo merupakan salah satu danau di Dieng yang terletak di zona 2. Tempat ini masih tergolong danau anti-mainstream

    Telaga Dringo menjadi salah satu telaga terindah di Dieng yang banyak orang impikan. Akses menuju Telaga Dringo memang agak sulit jadi wisatawan jarang bisa memasuki area telaga ini. Telaga Dringo terletak di Desa Pekasiran, kecamatan Batur Banjarnegara. Obyek wisata yang satu ini memang jauh dari telaga-telaga Dieng lainnya sehingga masuk ke dalam area wisata Dieng zona 2.

    Untuk menuju Telaga Dringo memang butuh keberanian untuk berkendara di jalanan yang rusak dan masih berbatu. Masuklah ke Kawasan Kawah Candradimuka Dieng kemudian Anda akan menemukan Telaga Cantik ini. Telaga Dringo bagaikan Telaga yang masih prawan karena jarang dikunjungi oleh wisatawan luar hanya wisatawan local saja yang kerap mengunjungi telaga cantik ini untuk sekedar refresh pikiran dengan cara camping.

    Telaga Menjer

    telaga menjer
    Telaga Menjer terletak di lereng gunung Seroja yang merupakan danau alamai terbesar dan terdalam di Wonosobo / lereng Dieng

    Telaga Menjer ialah telaga cantik berikutnya di wilayah dekat Dieng. Telaga ini berada di lereng pegunungan Dieng yakni Gunung Seroja. Telaga Menjer berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut jadi udaranya sangatlah sejuk. Panorama alam Telaga Menjer dapat Anda nikmati dari Lembah Seroja atau dari area perkebunan Teh Tambi Tlogo dari kedua titik tersebut akan mendapati pemandangan Telaga Menjer seutuhnya.

    Telaga Menjer merupakan telaga terdalam dengan memiliki kedalaman kurang lebih 45 meter dan luas 75 hektar. Telaga Menjer terbentuk karena letusan gunung Dieng yang hebat ribuan tahun silam sehingga membentuk kapundan kawah raksasa yang sekarang telah terisi air dari mata air diberbagai penjuru. Ada perahu-perahu bamboo tradisional bermesin motor yang mengantar wisatawan untuk berkeliling Telaga Menjer. Telaga cantik ini cocok untuk bersantai dan berfoto-foto. Tidak hanya memiliki potensi untuk daerah kunjungan wisatanya saja Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang berada di Desa Garung Wonsobbo.

    Leave a Comment