Hubungi Kami Telp / WhatsApp:085-2122-700-39
 

5 Hidangan Spesial Kuliner Khas Ala Dieng atau Wonosobo

Menjajal berbagai hidangan khas special merupakan unsur terpenting ketika Anda sedang mengadakan perjalanan tour ke Dataran Tinggi Dieng. Ada beberapa makanan khas ala daerah atau local food yang wajib wisatawan coba baik menu makan yang ada di Dieng atau di Kota Kabupaten Wonosobo dan semuanya memiliki daya tarik serta cita rasa tersendiri di dalam agenda Dieng Tour Anda. Masyarakat local dengan cerdiknya memadukan bahan-bahan yang dipanen segar dari aea pertanian mereka berupa aneka olahan buah segar Dieng yang terkenal akan caricanya, kemudian, camilan fenomenal yaitu tempe kemul bersama kentang goreng, dan penghilang rasa lapar yang dikenal akan mie ongklok serta ginseng penghangat terkenal akan Purwaceng Dieng.

PWDW akan selalu memberikan ide-ide terbaik ketika Anda bersama orang-orang tercinta menghabiskan waktu liburan ke Dataran Tinggi Dieng baik tempat-tempat wisata rekomendasi yang harus dikunjungi atau berbagai santapan kuliner khas penggoyang lidah dengan berbagai cita rasa local menjadi pengalaman tak terlupakan dan pengalaman berharga saat tour ke Dieng baik mengikuti Paket Wisata 2 Hari, Paket Wisata Sehari, Paket Wisata 3 Hari atau Paket Wisata Murah bahkan juga bisa berjalan secara individual. Di bawah ini 5 review hidangan special kuliner khas ala Dieng atau Wonosobo.

Daftar hidangan spesial kuliner khas Dieng Wonosobo

  • Mie ongklok
  • Tempe kemul
  • Carica
  • Kentang goreng
  • Purwaceng
  • Mie ongklok

    mie ongklok dieng wonosobo
    Komposisi mie ongklok : mie kuning, daun kucai, kuah kental, bumbu rempah, ebi + sate sapi

    Mie ongklok ialah hidangan special yang akan wisatawan dapatkan ketika mereka sedang berjalan-jalan menikmati indahnya landscape alam Dieng. Mie ongklok dikenal sebagai kuliner khas asli Wonosobo jadi orang-orang yang sedang berkunjung ke Dieng mereka tidak akan meninggalkan makanan khas yang satu ini. Tidak harus mencari kesana kemari dimana disediakan menu mie ongklok, setiap warung atau rumah makan bahkan restaurant pun mencantumkan menu ini.

    Bagi Anda yang datang dari kota-kota besar seperti metropolitan Jakarta, tentunya akan merasa aneh ketika mendengar kata “ongklok” karena bahasa “ongklok” memang secara harfiah berasal dari Bahasa Jawa. Sesuai namanya, “Mie Ongklok” memang dibuat atau diolah dengan cara “diongklok” atau bahan-bahan pokok mie ongklok dicelupkan beberapa kali sampai masak kedalam air mendidih. Bahan baku utama mie ongklok diantaranya mie kuning, daun kucai serta daun kol/kubis yang diambil segar dari perkebunan Dieng. Mereka meracik aneka bumbu rempah berkuah kental. Agar rasanya lebih mantap Anda dapat menambahkan sesendok Lombok uleg hijau dan dimakan bersama sate sapi serta tempe kemul.

    Tempe Kemul

    tempe kemul
    Tempe Kemul merupakan camilan khas Dieng / Wonosobo

    Saat ke Dieng atau Wonosobo jangan lewatkan kudapan atau camilan khas yang satu ini yaitu “Tempe Kemul”. Tempe kemul merupakan hidangan khas sehari-hari di wilayah Dieng atau Wonosobo jadi tak heran setiap pagi atau sore banyak penjual gorengan membaur di wilayah ini. Semua kuliner khas memang disesuaikan dengan kondisi suhu serta cuaca. Tempe kemul memang cocok disajikan di suhu udara dingin seperti di Dieng atau Wonosobo. Jadi kudapan yang satu ini memang menjadi makan terfavorit bagi kalangan masyarakat local. Anda sebagai wisatawan datang dari luar daerah juga jangan kalah dan harus mencoba tempe kemul sebagai kuliner favorite Anda selama berkunjung ke Dieng dan pastinya akan membuat Anda rindu untuk kembali bersantap kuliner di Dieng.

    Tempe kemul yaitu tempe yang diselimuti tepung. Ada resep tertentu yang dibuat oleh masyarakat local agar tempe kemul bercita rasa enak dan renyah. Perpaduan bumbu dan tepung yang pas membuat tempe kemul laris di pasaran. Tempe kemul berbeda dengan mendoan. Pada umumnya mendoan ialah sama-sama tempe berselimut tepung akan tetapi tempe yang digunakan untuk mendoan ialah tempe lebar dan tipis serta cara penggorengannya setengah matang sehingga masih lembek dan berminyak. Berbeda dengan tempe kemul, tempe kedelai yang digunakan untuk tempe kemul ialah tempe daun yang tebal dan digoreng sampai kering sehingga teksturnya lebih renyak seperti keripik tapi empuk, biasanya ditaburi dengan daun kucai sebagai pernak-pernik tampilan.

    Carica

    buah carica dieng
    Buah Carica merupakan tanaman endemik di Dieng Plateau dan banyak diolah menjadi manisan carica

    Siapa yang belum mengenal Carica? Carica merupakan buah khas yang tumbuh hanya di Dieng Plateau. Carica masih termasuk kedalam kelas Carica Papaya. Pohon, daun, serta batangnya sangat mirip dengan pohon pepaya pada umumnya akan tetapi memiliki perbedaan pada buahnya. Batang pohon carica banyak yang bercabang dengan buah menempel rimbun pada setiap dahan-dahannya hingga meniung ke kabawah. Buah carica ini berbentuk seperti layaknya belimbing, rasanyapun berbeda dengan rasa buah papaya. The original taste carica ialah asam seperti nanas serta memiliki bau harum khas segar seperti buah markisa.

    Kini Buah carica diolah menjadi aneka makanan khas seperti manisan carica basah, manisan carica kering, kripik carica, syrup carica serta pie carica semua dapat wisatawan dapatkan di toko oleh-oleh atau outlet di Dieng atau Wonosobo. Carica menjadi hidangan khas special untuk buah tangan yang wajib di bawa ketika mereka tour ke Dieng.

    Kentang goreng

    kentang goreng
    Kentang Goreng dapat diperoleh di aneka tempat wisata Dieng

    Kentang goreng Dieng menjadi hidangan favorit para wisatawan ketika mereka sedang menikmati keindahan obyek wisata Dieng. Hampir di semua obyek wisata Dieng ada penjual kentang goreng sehingga para wisatawan dapat mencicipinya secara langsung. Para penjual akan memperlihatkan Anda untuk mencicipi kentang goreng mereka sebelum Anda membelinya. Karena kentang Dieng memang kentang pilihan dan sangat enak bila diolah, para wisatawanpun tidak akan menolah untuk segera membeli kentang goreng Dieng. Ada olahan kentang Dieng lainnya yang bisa wisatawan bawa pulang yang sudah diolah menjadi keripik kentang.

    Purwaceng

    purwaceng dieng
    Purwaceng dalam kemasan sachet dengan berbagai rasa (original, susu, kopi, teh, jahe dan rempah)

    Purwaceng ialah ginseng Dieng yang digunakans sebagai ramuan kebugaran. Banyak yang percaya purwaceng juga dapat meningkatkan vitalitas seorang pria. Namun para wanita juga bisa mencicipi minuman khas Dieng ini karena bermanfaat untuk kesehatan, bisa memperlancar peredaran darah dan obat masuk angin. Purwaceng memang tumbuhan asli Dieng yang terbilang langka serta sulit dibudidayakan sehingga menjadi minuman spesial disini. Tanaman purwaceng diolah dari akar, batang hingga daun-daunnya karena semua komponen sama-sama berkhasiat. Ada berbagai macam olahan purwaceng seperti purwaceng bubuk, purwaceng original tanpa bahan tambahan apapun, ada purwaceng kopi, purwaceng susu, purwaceng teh, purwaceng jahe serta ada akar alami purwaceng yang tersedia di semua tempat oleh-oleh. Purwaceng memiliki cita rasa khas yakni rasa segar dan agak pedas seperti jahe jadi sangat cocok disajikan di udara dingin Dieng plateau.

     
     

    More Posts in Blog

     
     

    Share this Post