Hubungi Kami Telp / WhatsApp:085-2122-700-39
 

Berjelajah di Kawah Sikidang Dieng Sebagai Primadona Wisatawan

kawah sikidang dieng
Kawah Sikidang Dieng saat senja

Dieng merupakan daerah pegunungan aktif terdiri perbukitan, lembah serta kawah-kawah vulkanik yang masih bergejolak menyemburkan senyawa-senyawa sulfur atau belerang bahkan CO2. Dari beberapa kawah-kawah aktif di Dieng, Kawah Sikidang menjadi primadona obyek wisata yang dikunjungi saat mengikuti Paket Tour ke Dieng. Kawah Sikidang memiliki panorama alam memukau dengan perpaduan landscape kontras antara tanah, hutan dan warna belerang putih cerah.

Kawah Sikidang merupakan sebuah kawah yang dijuluki oleh warga sekitar. Kawah Dieng ini memang sangat unik dibanding dengan kawah-kawah Dieng lainnya. Dinamakan Kawah Sikidang karena kawah utamanya selalu berpindah-pindah tempat dari satu titik ke titik lainnya sehingga hanya ada satu kawah utama yang bisa ditemukan di kawasan Kawah Siikidang. Kawah ini berisikan lava cair dengan kandungan belerang mendidih dahsyat dengan suhu standard rata-rata 98 derajad celcius.

Hawa sejuk serta panorama khas, tidak akan menyurutkan para pengunjung untuk menghentikan langkah mereka mendekat area Kawah Sikidang meskipun bau belerang mulai menusuk hidung. Jangan khawatir di area kawah utama, bau belerang tidak terlalu tajam seperti kawah-kawah mungil yang ada di pintu masuk pertama.

Sambutan musik khas tradisional angklung akan menyambut kedatangan para pengunjung untuk menikmati alam Kawah Sikidang dengan memberikan nuansa berbeda. Ada hal-hal menarik yang dapat Anda lalukan diantaranya berfoto aneka gaya berbackground Kawah Sikidang dengan asap putih mengepul serta pegunungan hijau. Anda juga bisa berpose dengan kuda atau burung hantu yang ada disekitar Kawah Sikidang. Bagi Ibu-Ibu penyuka belanja sayur mayur, ada beberapa jenis sayur mayur hasil bumi Dieng seperti aneka kentang, cabe Dieng, buah carica, terung belanda dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan di pasar Kawah Sikidang. Mereka menjajakan dagangannya di tepian jalan menuju kawah.

Untuk Anda pecinta tracking atau lintas alam dan bahkan pecinta photography landscape, ada jalur lintas alam yang bisa dilalui yaitu mendaki bukit diarea Kawah Sikidang untuk membidiik panorama Kawah Sikidang dari ketinggian yaitu yakni melintasi lereng Gunung Pangonan melintasi semak-semak belukar serta hutan akasia. Hanya mendaki beberapa menit saja pemandangan spektakuler kawasan Kawah Sikidang akan wisatawan dapatkan.

Kawah Sikidang terletak di kawasan wisata Dieng zona 1 yaitu kawasan wisata di dekat Plateau Dieng. Jaraknya tidak terlalu jauh dengan objek wisata lainnya seperti Telaga Warna, Candi Arjuna, Dieng Theater atau Batu Pandang jika ditempuh dengan kendaraan dan tampak jauh jika dengan berjalan kaki untuk menggapai satu objek wisata ke objek wisata lainnya. Tidak ada akses kendaraan angkutan umum menuju area Kawah Sikidang jadi para wisatawan dianjurkan membawa kendaraan sendiri baik pribadi ataupun kendaraan yang telah disiapkan oleh tour organizer Dieng.

 
 

More Posts in Blog

 
 

Share this Post