Akomodasi di Dieng

Akomodasi di Dieng adalah hal terpenting yang harus benar-benar dipersiapkan saat ingin berwisata ke Dieng. Akomodasi di Dieng meliputi beberapa hal. Berwisata ke Dieng memang tidak hanya berjalan-jalan tanpa arah dan tujuan atau dengan ilmu spekulasi. Dalam hal akomodasi di Dieng ini harus di persiapkan secara matang. Bila ingin bepergian trip ke Dieng mengikuti paket tour atau paket wisata murah ke Dieng, Anda tidak perlu memikirkan akomodasi selama di Dieng. Tentunya agen perjalanan atau biro wisata Dieng telah mempersiapkan secara khusus akomodasi di Dieng untuk Anda. Sampai saat ini masih banyak wisatawan yang berlibur ke Dieng dengan tidak memperhatikan akomodasi selama berwisata, hasilnya mereka banyak yang salah jalan, tidak dapat penginapan dan lain sebagainya sehingga wisata ke Dieng mereka tidaklah sukses.

Akomodasi di Dieng menyangkut beberapa hal. Diantaranya bagaimana cara menuju Dieng yaitu menyangkut akomodasi transportasi, kemudian dimana Anda bisa tinggal dan singgah sementara atau disebut akomodasi penginapan, kemudian dimana Anda dapat mendapatkan kuliner atau makanan yang murah tapi enak, serta bagaimana itinerary tour ke Diengnya dan siapa yang akan mengantar saat berlibur ke Dieng. Apalagi Anda berasal dari luar kota dan tidak mengetahui sama sekali tentang Dieng, maka 4 akomodasi di Dieng ini harus diperhatikan baik-baik.

Akomodasi di Dieng

Akomodasi transportasi di Dieng

akomodasi transportasi dieng
Mikro bus – akomodasi transportasi untuk wisata group atau rombongan dari Wonosobo-Dieng.

Akomodasi transportasi ke Dieng sangat berpengaruh bagi wisatawan yaitu bagaimana sampai ke Dieng dengan selamat dan menyenangkan. Ada berbagai cara menuju ke Dieng diantaranya dengan menggunakan kereta api, bus umum, pesawat dan mobil pribadi yang telah dibahas pada travel blog sebelumnya. Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dimana sebuah kota kecil nan sejuk dan akomodasi transportasi masih sangatlah terbatas. Tidak ada stasiun aktif dan tidak ada Bandar udara. Jadi bila Anda dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya terlebih dahulu singgah di Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Surakarta bila menggunakan pesawat atau kereta, kemudian disambung menggunakan kendaraan atau rental mobil.

Ada banyak jasa rental mobil yang bisa Anda gunakan untuk mengantar perjalanan liburan trip ke Dieng Plateau. Pilihlah perusahaan rental mobil terpercaya lokal karena mereka lebih mengetahui medan serta kondisi Dieng. Selain via pesawat atau kereta, para wisatawan juga bisa mengemudikan kendaraan sendiri atau dengan menggunakan bus atau naik bus umum. Di Wonosobo ada terminal bus dengan jurusan lintas daerah.

Ke Dieng tidak hanya dengan family atau rekan kerja saja, terkadang banyak rombongan baik dari kalangan kantoran atau pelajar yang jumlahnya lebih dari 50 orang. Mereka datang ke Dieng pastinya dengan menggunakan bus besar jadi akomodasi transportasi yang harus diperhatikan bagi mereka adalah bagaimana cara menuju Diengnya. Karena jalanan Dieng terlarang dilewati bus besar dengan alas an tepat keamanan serta jalanan begitu sempit serta menanjak menikung tajam. Jadi bila Anda membawa group pastikan untuk mencari akomodasi sambungan dari Wonosobo – Dieng dengan menggunakan mikro bus atau angkutan umum lokal Wonosobo – Dieng.

Akomodasi penginapan di Dieng

penginapan di Dieng
Foto penginapan : Ade Homestay adalah salah satu homestay yang disewakan 1 rumah di Kota Wonosobo.

Dimana Anda beristirahat selama diberwisata ke Dieng? Ini pertanyaan yang sering kali muncul ketika sedang dalam perjalanan ataupun mau perjalanan menuju Dieng. Ada banyak varian akomodasi penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat selama tour ke Dieng atau mengikuti paket wisata ke Dieng. Kebanyakan penginapan di Dieng hanyalah berupa homestay. Homestay merupakan rumah-rumah penduduk yang sudah disetting sebagai tempat menginap para tamu-tamunya jadi mereka sudah melengkapi perlengkapan kamar-kamar mereka dengan fasilitas memadai seperti kamar mandi dalam, air panas dan televise layaknya sebuah hotel. Anda harus mengetahui ya homestay adalah sebuah penginapan dimana ada pemiliknya atau induk semang jadi bila ingin membutuhkan sesuatu tinggal diutarakan dengan pemilik. Ada berbagai kelas homestay di Dieng mulai dari hargaRp150.000 hingga Rp 500.000 per kamar/malam. Ada juga homestay yang disewakan 1 rumah seperti post blog yang telah lalu di 3 homestay nyaman dan murah di Dieng.

Bila ingin menggunakan akomodasi penginapan berupa hotel, menginaplah di pusat kota Wonosobo. Ada berbagai kelas hotel melati, hotel bintang ** dan hotel bintang ****. Harga untuk hotel melati kisaran Rp150.000 hingga Rp375.000 dan untuk hotel** mulai harga Rp450.000-Rp1.050.000 dan untuk hotel bintang **** Rp875.000-Rp2.500.000 untuk 1 malam 1 kamar. Memang untuk harga hotel di Wonosobo sangatlah mahal jadi jangan shock bila datang ke Kota Sejuk ini.

Akomodasi makan di Dieng

akomodasi makan di Dieng
Salah satu rumah makan di Dieng Wonosobo yang menyediakan menu prasmanan menu masakan lokal Jawa

Akomodasi makan selama di Dieng Wonosobo banyak ditemukan rumah-rumah makan lokal yang menyediakan masakan prasmanan Jawa. Ada banyak menu masakan Jawa yang di display di meja panjang dan para wisatawan bisa memilih lauk dan sayur sesuka hati. Harga 1 porsi makan prasmanan antaran Rp35.000-Rp50.000 dan bisa lebih tergantung restaurant atau rumah makan mana serta porsi dan lauknya. Rumah makan di area Dieng Plateau masih terbilang terbatas jadi bila Anda ingin memilih akomodasi macam dan bervariasi dapat turun menuju Kota Wonosobo. Jarak Wonosobo-Dieng kurang lebih 26 km dan dapat ditemput dengan kurang lebih 45 menit perjalanan.

Akomodasi wisata lainnya di Dieng

pemandu wisata Dieng
Pemandu wisata Dieng – siap mengantar perjalanan wisata Bapak/Ibu ke Dataran Tinggi Dieng (pemandu lokal Dieng)

Akomodasi wisata lainnya yaitu menyangkut si pembuat itinerary dalam artian pemandu wisata. Bila ingin perjalanan trip ke Dieng Anda lebih berkesan lebih baik menyewa jasa pemandu wisata yang kenal akan tekstur, kontur, kondisi dan aneka tempat wisata di Dieng yang rekomended untuk dikunjungi. Berbekal maps tidaklah cukup, Ada banyak obyek wisata di Dieng yang tidak tertera dalam maps jadi pakailah jasa pemandu wisata agar Anda memiliki sebuah rundown perjalanan.