Menyambut golden sunrise Sikunir Dieng Plateau

Rasanya tidaklah lengkap bila wisata ke Dieng Plateau tidak menyaksikan detik-detik merekahnya sinar matahari tatkala menyambut pagi dari puncak Bukit Sikunir yang sering disebut dengan Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau. Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau makin lama makin terkenal karena foto-foto cantiknya merajalela di media sosial. Golden sunrise Sikunir mampu mengikat jutaan pengunjung saat weekend atau long weekend bahkan setiap hari obyek wisata Dieng Wonosobo ini dipenuhi para sunrise hunter. Mereka tidak menyerah meskipun harus bangun pagi-pagi bahkan harus mendaki bukit terlebih dahulu ketika ingin menggapainya.

Perasaan puas dan asyik akan menyelimuti hati para wisatawan khususnya sunrise hunter yang penasaran akan keindahan ketika mentari terbit dari peraduannya. Sunrise Sikunir merupakan salah satu sunrise tercantik di Dieng Plateau yang terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa yang tingginya mencapai 2.200 meter di atas permukaan laut. Disinilah Anda akan disambut dinginnya udara hingga menusuk tulang rusuk saat memasuki gerbang Desa Sembungan. Golden Sunrise Sikunir telah menjadi maskot wisata Dieng Plateau sejak tahun 2012 silam. Banyak orang yang menyatakan bila belum pernah menginjakkan kaki di Puncak Sikunir sama saja belum menginjakkan kaki di tanah Dieng yang terkenal akan golden sunrisenya dan fenomena negeri di atas awan. Bila ada wisatawan penasaran dengan fenomena negeri di atas awan, di puncak sikunir inilah tempatnya.

Golden Sunrise bukit Sikunir Dieng Plateau

  • Panorama di bukit Sikunir Dieng
  • Jalan menuju bukit Sikunir Dieng
  • Panorama di bukit Sikunir Dieng

    golden sunrise sikunir dieng plateau

    Bukit Sikunir Dieng menawarkan panorama alam yang sangat mahal bagi pecinta landscape. Sikunir Dieng memiliki posisi yang sangat sempurnya untuk menyaksikan matahari terbit dari peraduannya dengan memancarkan cahaya golden berwarna keemasan menyambut pagi hari di Dieng Plateau. Bukit Sikunir atau Gunung Sikunir berada tepat diantara gunung-gunung besar di Jawa Tengah dan di area Dieng yaitu Gunung Sindoro, Gunung Merapi yang tampak puncaknya, gunung Merbabu, Gunung Ungaran serta gunung di area Dieng yaitu Gunung Nganjir, Gunung Bisma, Gunung Prau dan Gunung Pakuwojo. Tidak hanya dikelilingi gunung-gunung indah ini tapi guratan lembah terlihat sangat menawan melandai hingga ke lembah mengikuti aliran-aliran sungai pegunungan.

    Saat matahari mulai terbit dengan cahaya goldennya para wisatawan dapat mengabadikan moment terindah ini dengan berfoto siluet. Sebenarnya tidak hanya golden sunrise sikunir saja serta pegunungan yang bisa disaksikan dari tempat ini, bila cuaca beruntung para pelancong bisa menyaksikan panorama negeri di atas awan Dieng Plateau. Ada banyak gumpalan awan seperti gulungan-gulungan ombak lembut dilautan dengan background landscape Gunung Sindoro serta sinar golden sunrise. Moment seperti ini biasanya bisa disaksikan saat bulan Februari, Maret, Oktober dan November.

    Jalan menuju bukit Sikunir Dieng

    bukit sikunir dieng

    Jalan menuju Bukit Sikunir Dieng dapat ditempuh dari segala arah. Arah yang biasanya ditempuh ketika menuju Dieng ialah dari arah Kota Wonosobo. Kota Wonosobo menjadi titik paling sempurna untuk menemukan rute menuju Bukit Sikunir Dieng. Carilah kota Wonosobo saat Anda berasal dari berbagai titik di area kota ini seperti Jogja, purwokerto, atau Semarang. Lokasi Sunrise Sikunir Dieng berjarak kurang lebih 34 km dari pusat Kota Wonosobo. Sunrise Sikunir memang lebih jauh dari Dieng Plateau sehingga membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 1 jam perjalanan menuju tempat sunrise tersebut.

    Waktu paling ideal menuju sunrise sikunir bila starting point dari Wonosobo ialah pukul 03.00 pagi dan bila starting poin dari Desa Dieng ialah pukul 03.45 am. Bila musim liburan panjang tiba seperti tahun baru, natal dan lebaran para wisatawan disarankan berangkat menuju sunrise sikunir lebih awal untuk menjaga ketersediaan area parkir yang biasanya penuh sesak pengunjung dan agar bisa sampai puncak lebih awal untuk memilih spot foto tertentu.

    Setelah tiba di area parkir bukit Sikunir, para pelancong harus melanjutkan perjalanan dengan cara mendaki bukit selama 30 menit dengan jalanan yang masih terlihat masih alami yaitu berupa bebatuan dan tanah yang dibuat tangga-tangga hingga puncak. Panjang trek dari kaki bukit menuju puncak kurang lebih 800 meter. Ada perlengkapan yang musti disiapkan ketika berkunjung menikmati indahnya golden sunrise Sikunir yaitu jaket hangat, sarung tangan, tutup kepala, lampu penerangan / lampu senter karena tidak ada penerangan di jalur pendakian bukit Sikunir Dieng. Untuk menuju sunrise sikunir juga ada beberapa alternatif yaitu bisa mengikuti pilihan paket wisata Dieng 1 hari atau paket wisata Dieng 2 hari sunrise sikunir merupakan solusi mudah perjalanan liburan Anda ke Dieng Plateau ataupun menyewa jasa pemandu wisata agar perjalanan Anda lebih terarah.