Cara Hemat Ke Dieng Dari Jakarta Naik Bus

panduan ke dieng
Naik Bus merupakan cara hemat menuju Dieng

Ke Dieng dari Jakarta ada berbagai cara yakni bisa naik bus, naik kereta, travel atau pesawat. Kebanyakan masyarakat Jakarta memilih naik Bus ketika hendak pergi liburan ke Dataran Tinggi Dieng. Dengan menggunakan transportasi bus umum dari Jakarta wisatawan menganggap perjalanan menuju Dieng lebih menyenangkan di banding menggunakan kereta atau pesawat bahkan lebih santai dari pada membawa mobil pribadi sendiri dan tidak susah payah mengendalikan kendaraan sendiri.


Panduan hemat ke Dieng dari Jakarta naik bus

  • Mengapa memilih naik Bus?
  • Cara menuju Dieng menggunakan bus
  • Mengapa memilih naik Bus?

    Bagi Anda yang belum pernah merasakan segarnya udara Dieng dan masih awan soal daerah dingin yang satu ini pasti akan timbul beberapa pertanyaan mengapa rekan-rekan Anda lebih memilih menggunakan transportasi Bus umum dari Jakarta menuju Dieng? Adapun beberapa pertimbangan secara global mengapa mereka lebih memilih alternative menggunakan transportasi Bus Umum. Yang pertama ialah Dieng berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara tidak memiliki Bandara atau Stasiun jadi ketika Anda memilih menggunakan kereta atau pesawat harus transit terlebih dahulu di beberapa tempat seperti kota-kota besar yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta ataupun solo karna tempat tersebut memiliki fasilitas lebih di bidang transportasi. Jika menggunakan alternative transportasi Bus Umum, para pelancong dari Jakarta bisa langsun sampai di Kota Wonosobo yakni Kabupatennya Dieng tanpa transit di kota-kota lain.

    Alasan berikutnya mengapa mereka cenderung memilih Bus yaitu masalah anggaran tour ke Dieng. Dengan menggunakan Bus umum pastinya biaya yang dikeluarkan menuju Dieng semakin hemat dan murah meriah. Alternatif ini memang biasanya dilakukan para Backpacker Dieng yang hendak mengikuti trip ke Dieng Plateau. Ke Dieng dari Jakarta dengan menggunakan Bus memang akan menghabiskan waktu lumayan lama yaitu 14 jam perjalanan menuju Wonosobo dengan catatan jalanan lancar tiada macet. Maka direkomendasikan bagi para pelancong dari Jakarta yang hendak ke Dieng naik Bus, datanglah pada saat non-weekend, non hari lebaran, tahun baru atau natal karena kebanyakan saat perjalanan menuju Dieng banyak kendalah diantaranya dihadang kemacetan hingga 24 jam penuhyang biasanya hanya ditempuh dalam waktu 14 jam maka waktu liburan Anda akan terbuang sia.

    Cara menuju Dieng dari Jakarta menggunakan Bus

    Berikut ialah gambaran untuk Anda bagaimana cara menuju Dieng dari Jakarta dengan menggunakan Bus karna Dieng merupkan tempat kunjungan favorit bagi masyarakat Ibu Kota Jakarta. Terhindar dari kemacetan serta hiruk pikuk perkotaan, kesibukan tugas aatau pekerjaan. Dieng akan selalu menghadirkan berbagai kejutan-kejutan alamnya mulai dari hawa udara dingin menyegarkan, pemandangan spektakuler, gunung-gunung menjulang, danau-danau indah, kawah-kawah menawan, candi-candi kuno serta yang tidak boleh ketinggalan ialah menyaksikan indahnya matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir atau Gunung Prau. Simak penjelasan berikut

    Pertama Anda harus mencari agen Bus yang menyediakan rute dari terminal terdekat di Jakarta menuju Dieng. Ada beberapa PO yang mempunyai rute perjalanan dari Jakarta langsung menuju Wonosobo. Pastikan PO Bus tersebut sampai ke Wonosobo tanpa ganti-ganti transportasi lain ketika sampai di pertengahan perjalanan yang disebabkan karna Anda kurang teliti. Ada beberapa PO Bus dari Jakarta-Wonosobo contohnya Bus Sinar Jaya, Bus Budiman, Bus Damri, Bus Dieng Indah dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikan ketersediaannya di terminal bus keberangkatan dari Jakarta.

    Waktu keberangkatan yang direkomendasikan start perjalanan dari Jakarta ialah pada saat sore hari yaitu sekitar pukul 16.00 atau pukul 17.00 agar tiba di Terminal Wonosobo lebih pagi biasanya sebelum jam 07.00 jadi Anda bisa menikmati waktu lebih leluasa untuk menghabiskan waktu liburan ke Dataran Tinggi Dieng menikmati sajian asri serta mencicipi berbagai kuliner khas Dieng Wonosobo serta berbaur dengan masyarakat local

    Yang menjadi pertanyaan berikut nya ialah bagaimana menuju Dieng ketika sampai di terminal Wonosobo jika Anda memilih menggunakan Bus dari Jakarta? Perlu diketahui nama terminal Bus di Wonosobo ialah Terminal Mandala. Terminal Wonosobo ini letaknya tidak ditengah kota akan tetapi di pinggiran Kota. Jadi untuk menuju Dieng Anda harus menuju tengah kota Wonosobo karena terminal angkutan umum Wonosobo-Dieng terletak di area kota Wonosobo. Dengan memilih menggunakan transportasi Bus dari Jakarta memang Anda harus berusaha dan tidak bosan untuk mencari tahu transportasi manakah yang harus dipilih menuju Dieng dari Terminal Wonosobo. Ada angkutan berwarna kuning jurusan Kertek Wonosobo atau mikro bus Parakan-Wonosobo dan Purworejo-Wonosobo yang bisa Anda dapatkan di jalan raya dekat Terminal dan bisa membawa menuju Terminal angkutan umum jurusan Wonosobo-Dieng-Batur berupa mikro bus (bus miini) seat 17./p>

    Naiklah mini bus tersebut menuju Dieng Plateau kemudian Anda bisa turun di pertigaan Dieng. Perlu diketahui bahwa tidak ada angkutan umum menuju masing-masing obyek wisata Dieng jadi Anda harus bersedia berjalan kaki, atau sewa kendaraan disana bahkan ikut serangkaian paket wisata Dieng seperti Paket Dieng Sehari, atau Paket Wisata Dieng 2 Hari bahkan Paket Wisata 3 Hari ke Dieng sesuai waktu yang diinginkan. Kebanyakan dari traveler dari Jakarta mereka mengambil cara lebih mudah dan murah dengan mengikuti paket Dieng murah / paket Backpacker Dieng untuk meeting point atau tempat penjemputan dari terminal Mandala Wonosobo.