Informasi Stasiun Kereta Api Yang Paling Dekat Dengan Dieng

Penggunaan kereta api sebagai moda transportasi pengganti pesawat terbang memang tengah populer saat ini. Kereta api dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan moda transportasi lain seperti pesawat ataupun bus.

Stasiun Purwokerto

Banyak wisatawan dari Jakarta, Surabaya maupun kota-kota besar lainnya di Indonesia yang hendak berwisata ke Dieng lebih memilih Stasiun Purwokerto sebagai stasiun pemberhentian. Faktanya, Stasiun Purwokerto lebih dikenal para wisatawan dikarenakan letaknya yang relatif dekat dengan Dieng yaitu memiliki jarak tempuh sekitar 110 km atau kurang lebih 3 jam perjalanan.

Selain itu stasiun kereta yang terletak di Kober, Purwokerto Barat, Banyumas ini memberikan beberapa fasilitas yang memudahkan para wisatawan yang hendak berkunjung ke Dieng. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak Stasiun Purwokerto ialah angkutan terusan Stasiun Purwokerto-Dieng yang dapat mengantarkan para wisatawan langsung menuju Dieng. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan direkomendasikannya Stasiun Purwokerto sebagai Gerbang Masuk menuju Dieng.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa stasiun kereta yang juga dekat dengan Dieng? Stasiun-stasiun kereta tersebut dapat menjadi alternatif lain selain Stasiun Purwokerto. Berikut adalah daftar stasiun kereta yang dekat dengan Dieng:

Stasiun Weleri

Jarak tempuh Stasiun Weleri ke Dieng ialah sekitar 67 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Jarak tersebut ialah jarak tercepat yang mampu ditempuh dengan catatan kondisi lalu lintas normal. Stasiun Weleri terletak di Karangdowo, Weleri, Kendal.

Stasiun Besar Pekalongan

Siapa yang menyangka jika stasiun kereta yang terletak di daerah pantai utara (Pantura) ini sebenarnya cukup dekat dengan Dieng bahkan lebih dekat jika dibandingkan dengan Stasiun Purwokerto. Rute terbaik yang dapat ditempuh dari Stasiun Besar Pekalongan menuju Dieng ialah sekitar 65 km atau setara dengan kurang lebih 2 jam perjalanan tanpa melewati jalan tol.

Stasiun Kutoarjo

Seperti halnya dengan Stasiun Purwokerto, stasiun Kutoardjo juga memiliki akses transportasi yang mudah dan murah menuju Dieng. Jarak Stasiun Kutoarjo-Dieng ini sekitar 43 km dengan jarak tempuh kurang lebih 89 km atau lama perjalanan 2 jam lebih 29 menit.

Stasiun Kebumen

Jarak tempuh dari Stasiun Kebumen ke Dieng adalah kurang lebih 98 km yang jika lalu lintas normal dapat ditempuh dalam kurun waktu 3 jam. Meskipun rute dari Kebumen menuju ke Dieng masih jarang diminati para wisatawan karena moda transportasi umum yang masih langka, namun sebenarnya rute ini dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan.

Stasiun Semarang

Ada dua stasiun besar di Semarang yang cukup dekat dengan Dieng, ialah Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Jarak tempuh kedua stasiun ini menuju Dieng hampir sama yaitu sekitar 100 km atau setara 2 sampai 3 jam perjalanan tanpa melewati jalan tol. Banyak pilihan transportasi umum yang dapat digunakan dari kedua stasiun tersebut menuju Dieng.

Stasiun Tugu Yogyakarta

Selain Stasiun Purwokerto, Stasiun Tugu, Yogyakarta merupakan stasiun yang banyak direkomendasikan oleh para wisatawan yang hendak ke Dieng. Selain rutenya yang memang sudah fimiliar, sarana transportasi umumnya juga sangat mudah didapat. Jarak tempuh dari Stasiun Tugu ke Dieng kurang lebih 111 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 53 menit.

Demikian rincian stasiun-stasiun yang cukup dekat dengan Dieng dan merupakan gerbang masuk alternatif menuju Dieng selain Stasiun Purwokerto. Metode perkiraan jarak antara stasiun-stasiun tersebut dengan Dieng merupakan hasil perkiraan yang dikutip dari Google Map Driving Direction menggunakan kendaraan pribadi.

Keadaan sebenarnya di lapangan dapat berbeda tergantung pada kondisi medan dan lalu lintas jalan dari stasiun-stasiun tersebut menuju Dieng, serta jenis alat transportasi yang digunakan.